Ci Tanduy

Posted on

Ci Tanduy (abjad Sunda: ᮎᮤᮒᮔ᮪ᮓᮥᮚ᮪) (Citanduy; “Ci” dalam bahasa Sunda berarti “sungai”, sehingga menjadi “sungai Tanduy”) adalah suatu sungai di pulau Jawa, Indonesia, yang berhulu di Jawa Barat dan bermuara di Jawa Tengah. Sungai ini berlokasi sekitar 270 kilometer di sebelah tenggara ibu kota Jakarta, sebagian besar membelah tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Cilacap. Sebagian sungai ini menjadi batas kawasan natural antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Hulu sungai berada di antara Gunung Sawal dan kompleks Gunung Galunggung, Gunung Telaga Bodas, Gunung Cakrabuana dan Gunung Sadakeling. Muaranya berada di dket kota Cilacap menuju ke Samudra Hindia membentuk suatu delta yang dipanggil “Muara Citanduy.”

Sungai ini mengalir di sepanjang kawasan barat energi pulau Jawa yang beriklim muson tropis. Temperatur rata-rata setahun sekitar 22 °C. Bulan paling panas adalah Maret, dengan temperatur rata-rata 23 °C, and paling dingin Februari, sekitar 20 °C. Curah hujan rata-rata tahunan adalah 3547 mm. Bulan dengan curah hujan paling tinggi adalah Desember, dengan rata-rata 533 mm, dan yang paling rendah Sept, rata-rata 56 mm.

Di aliran sungai Citanduy di sekitar areal pembangunan Bendungan Leuwikeris di tempat Keluruhan Benteng, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis ditemui sebuah batu yang serupa jejak kaki manusia. Diduga batu itu berkaitan dengan warisan kerajaan Bojong Galuh sampai kerajaan Galuh pada zaman kolot yang berdiri di sepanjang sungai itu.

Sebuah tank baja warisan tentara Belanda ditemui terkubur pasir semasa 70 tahun di Sungai Citanduy, pasnya di Lingkungan Parungsari, Kelurahan/Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar, tampak saat air sungai surut tajam. Diduga kendaraan tempur itu terjebak dalam peperangan ketika menuju Yogyakarta pada waktu perang kedaulatan 1945-1949. Pada tahun 2012, terdapat upaya mengangkat tank itu dari dalam pasir dan tumpukan batu, namun batal dilaksanakan, sebab turun hujan lebat sampai air Citanduy naik kembali.

Baca Juga  Ci Durian

Debit air sungai yang naik semasa musim hujan kerap mengakibatkan banjir yang tidak langka menimbulkan kehancuran tanggul, jembatan dan tanah pertanian, serta korban jiwa. Pada tanggal 10 Oktober 2016 jembatan Ketapangjaya, yaitu Jembatan Nasional yang mengaitkan Jabar-Jateng, raib sebab tergerus anak sungai Citanduy di Kampung Purwaharja, Kota Banjar. Fungsi menangani musibah alam banjir ini, pemerintah trus mengusahakan koreksi tanggul di sepanjang sungai Citanduy secara bertahap, diantaranya di Desa Sukanagara, Kacamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran.

Tempat aliran sungai (DAS) Citanduy mencakup  beberapa tempat di Jawa Barat dan Jawa Tengah, yang dilintasi sungai itu yaitu Kabupaten Tasikmalaya,
Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cilacap. Menjadi prioritas di Jawa sebab tingginya laju sedimentasi di tempat hilir. Secara geografis DAS Citanduy berlokasi di antara 108°04′ dan 109°30′ BT, 7°03′ dan 7°52′ LS, terbentang dari pegunungan Cakrabuana, tempat mata airnya, di sisi utara (1721 m dpl) ke dataran rendah Segara Anakan di sisi selatan, berbatasan dengan pulau Nusa Kambangan dan Samudra Hindia.Gunung Galunggung (2168 m), Gunung Telaga Bodas (2201 m) dan Gunung Sadakeling (1676 m) merupakan batas barat, Gunung Simpang Tiga merupakan batas timur, dan di tengah, sebelah hulu, membumbung Gunung Sawal (1784 m).

Tempat hilir merupakan kawasan ekosistem mangrove yang unik yaitu di Segara Anakan and pulau Nusa Kambangan. Akan tetapi, tingkat sedimentasi yang tinggi mengancam eksistensinya. Pada tahun 1970 luas tempat Segara Anakan sekitar 4580 ha, lalu tahun 2002 menipis menjadi 850 ha. Pada tahun 2005, tempat laguna menipis menjadi seluas 700 ha, dan pada tahun 2012 cuma tersisa 600 ha. Sebab sebab sedimentasi utama dikenal berada di perbatasan antara Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Cilacap, maka dari itu digali sebuah saluran pada tahun 2012 yang mengalirkan sebagian aliran sungai Citanduy melewati  Kabupaten Ciamis, bermuara ke Samudra Hindia di Nusawiru dket Pantai Pangandaran.

Baca Juga  Ci Baliung

Ci Tanduy berlokasi di Jawa

Ci Tanduy berlokasi di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.