Kali Cipinang

Posted on

Kali Cipinang (atau Ci Pinang) adalah satu sungai yang melewati  kota Jakarta, Indonesia. Kali Cipinang bermuara di Kali Sunter, di dket Jalan I Gusti Ngurah Rai dan Jalan Cipinang Muara Ilir, Jakarta, namun di tengah terpotong pada awal Banjir Kanal Timur (KBT), di dket Jalan Cipinang Besar Selatan dan Jalan IPN, Jakarta. Kali Cipinang ini berlokasi di wilayah Kecamatan Makassar, Jakarta Timur. Di bantaran kali ini ada beberapa bangunan rumah warga.

Kali Cipinang dipanggil berasal dari Depok dan mengalir sampai ke arah Kanal Banjir Timur (KBT). Dulu airnya bersih dan oleh penduduk setempat menjadi tempat mandi. Kali Cipinang pernah kaya akan bermacam tipe ikan seperti mujair, tawes, dan lele yang bisa dipancing sepanjang alirannya. Luas Kali Cipinang pun masih lebar dan blum ramai penduduk. Lebarnya pernah mencapai enam sampai tujuh meter dengan kedalaman tiga sampai empat meter, sehingga terlalu dalam untuk diseberangi dengan berjalan kaki.

Akan tetapi, keadaannya saat ini berubah. Sepuluh tahun belakangan sisi {kiri} dan kanan tepian Kali Cipinang sesak jadi permukiman. Warga mengokupasi tepian kali untuk jadi kediaman sampai mendirikan kontrakan-kontrakan dan jadi permukiman padat. Kali Cipinang walhasil jadi sempit dan tidak dilihat lagi. Air kali itu tidak bersih seperti dahulu, berubah jadi hitam tercemar pelbagai limbah. Infonya, salah satunya berasal dari limbah perusahaan tekstil di wilayah Ciracas. Bekas empang di tepian itu pun jadi tempat sampah berpuluh-puluh tahun sampai menggunung. Hasilnya, tatkala volume air naik saat musim hujan, yang tinggal di bantaran pun kebanjiran sampai mencapai 1,5 meter. Berdasarkan warga banjir paling parah berlangsung pada tahun 2015. Pada bulan Januari 2017 setelah diawalinya pengerjaan normalisasi, telah lebih baik, tetapi masih banjir.

Baca Juga  Kali Pesanggrahan

Kali Cipinang di Jakarta panjangnya 37,68 kilometer (23,41 mi), dengan Tempat Pengaliran Sungai (DPS) seluas 57,45 km². Curah hujan harian rata-rata sebanyak 136 mm, dan debit puncak 85 m³.

Sungai ini mengalir di kawasan barat laut pulau Jawa yang beriklim hutan hujan tropis (kode: Af berdasarkan pembagian iklim Köppen-Geiger). Temperatur rata-rata setahun sekitar 28 °C. Bulan paling panas adalah Sept, dengan temperatur rata-rata 31 °C, and paling dingin Mei, sekitar 26 °C. Curah hujan rata-rata tahunan adalah 3674 mm. Bulan dengan curah hujan paling tinggi adalah Desember, dengan rata-rata 456 mm, dan yang paling rendah Sept, rata-rata 87 mm.

Kali Cipinang saat ini tengah melakukan normalisasi yang dilaksanakan dari Cibubur sampai Banjir Kanal Timur (KBT). Penilaian telah dilaksanakan semenjak tahun 2014. Programnya, dalam normalisasi Kali Cipinang akan dilebarkan jadi 12 meter dan dikeruk lagi supaya milik kedalaman 3 meter. Sampah menggunung yang tidak diangkat-angkat semasa 30 tahun walhasil diangkut dengan pengerukan sampah di Kali Cipinang atas perintah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang dilakukan pada Pekan, 13 Sept 2015 disaksikan oleh Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Lurah Kampung Dukuh dan Lurah Kampung Rambutan. Untuk normalisasi aliran air, maka dari itu warga yang tinggal di sekitar Kali Cipinang seharusnya dipindahkan. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengklaim warga yang tinggal di bantaran Sungai Cipinang ini mau memasarkan tanahnya ke pemerintah setempat. Pemerintah DKI Jakarta menggenjot normalisasi Kali Cipinang untuk menjauhi banjir di wilayah Jakarta Timur.

Kali Cipinang berlokasi di Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published.