Kali Randugunting

Posted on

Kali Randugunting adalah sungai yang berlokasi di kawasan Provinsi Jawa Tengah yang bermuara ke Laut Jawa. Sungai ini mengalir dari selatan di Pegunungan Kapur Utara ke utara melewati  tiga kabupaten yaitu Kabupaten Blora, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang sepanjang lebih kurang 47,37 Kilometer.

Kali Randugunting merupakan sungai utama di Tempat Aliran Sungai (DAS) Randugunting dengan luas 136,67 km² mencakup  tiga kabupaten yaitu Kabupaten Blora, Kabupaten Pati dan Kabupaten Rembang. Hulu sungai ini di Kecamatan Japah, Kabupaten Blora, yang termasuk perbukitan kapur sedangkan muaranya di Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang.

Penduduk di sepanjang Kali Randugunting memanfaatkan untuk sumberdaya pertanian terutama di sebelah hulu dan perikanan baik secara tradisional dengan langkah memancing atau menjala di sebelah hilirnya. Untuk pertanian ada tahan Kedungsapen di Desa Jatihadi, Kecamatan Sumber, Kabupaten Rembang yang bisa mengalirkan air ke jringan irigasi untuk lahan seluas 630 hetar. Sementara itu di sebelah hulunya yang masuk kawasan Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, Kabupaten Blora direncanakan akan didirikan bendungan.

Baca Juga  Kali Baru Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published.