Krueng Cunda

Posted on

Krueng Cunda adalah suatu sungai berupa aliran laut yang memisahkan daratan Lhokseumawe dengan daratan pulau Sumatra di Indonesia, sekitar 1700 kilometer di barat laut ibu kota Jakarta.

Namanya berasal dari bahasa Aceh “Krueng” definisinya sungai dan “Cunda” adalah nama kawasan yang dialiri oleh sungai ini. Krueng Cunda sesungguhnya adalah selat, bkan sungai.

Sungai ini mengalir di kawasan utara pulau Sumatra yang beriklim hutan hujan tropis (kode: Af berdasarkan pembagian iklim Köppen-Geiger). Temperatur rata-rata setahun sekitar 25 °C. Bulan paling panas adalah Agustus, dengan temperatur rata-rata 26 °C, and paling dingin Desember, sekitar 22 °C. Curah hujan rata-rata tahunan adalah 2568 mm. Bulan dengan curah hujan paling tinggi adalah Desember, dengan rata-rata 572 mm, dan yang paling rendah Maret, rata-rata 114 mm.

Krueng Cunda ini dibuat tempat budidaya ikan air asin oleh penduduk sekitar, sebab selain airnya cukup bersih juga tidak terdapat ombak atau riak besar yang bisa merusak keramba atau penampungan ikan kepunyaan penduduk yang rata – rata diciptakan dari kayu dan bambu.

Koordinat: 5°13′00″N97°07′05″E / 5.2166°N 97.118°E / 5.2166; 97.118

Krueng Cunda berlokasi di Aceh

Krueng Cunda berlokasi di Sumatra

Krueng Cunda berlokasi di Indonesia

Baca Juga  Batang Merangin

Leave a Reply

Your email address will not be published.