Sungai Batee Iliek

Posted on

Batee Iliek adalah nama sebuah sungai yang terletak di sebelah selatan kecamatan Sama Langa, Aceh, Indonesia. Lokasi ini sudah menjadi benda rekreasi populer semenjak awal cerita 90-an. Sampai hari ini ratusan orang bertamu setiap akhir minggunya, terutama pada hari-hari akhir sekolah sehabis cobaan atau memasuki waktu tamasya sekolah maka dari itu akan bnyak bangeet anak-anak sekolah yang tumpah ruah, baik dari Samalanga sendiri atau juga juga dari luar Samalanga.

Batee Iliek sendiri berasal dari kata batee yang berarti batu, dan iliek yang berarti mengalir, jadi bisa diartikan Batee Iliek adalah sekumpulan batu-batu yang mengalir. Terdapat juga anggapan yang menuturkan jika iliek itu berasal dari kata leu’ik yang berarti becek, namun minim yang menyepakatinya.

Semenjak awal cerita 2007 wilayah benda rekreasi Batee Iliek sudah dipercantik dengan membangun  warung-warung yang berjajar rapi di sepanjang tepi sungai, membikin tamu bisa dengan gampang merasakan keelokan panorama air sungai.

Koordinat: 5°10′01″N96°21′22″E / 5.1670°N 96.3560°E / 5.1670; 96.3560

Baca Juga  Sungai Comal

Leave a Reply

Your email address will not be published.