Sungai Comal

Posted on

Sungai Comal adalah salah satu sungai yang berlokasi di Jawa Tengah, Indonesia. Sungai Comal berhulu di Pegunungan Serayu Utara pasnya di Gunung Slamet. Sungai Comal mempunyai panjang sekira 109,18 kilometer, mengalir dari selatan ke utara dan selesai di Laut Jawa. Sungai Comal menjadi sungai terbesar yang melewati  kawasan Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Aliran Sungai Comal melalui tujuh kawasan kecamatan di kabupaten itu.

Sungai ini mengalir di sepanjang kawasan tengah utara pulau Jawa yang beriklim muson tropis. Temperatur rata-rata setahun sekitar 25 °C. Bulan paling panas adalah Sept, dengan temperatur rata-rata 29 °C, and paling dingin Maret, sekitar 22 °C. Curah hujan rata-rata tahunan adalah 2758 mm. Bulan dengan curah hujan paling tinggi adalah Januari, dengan rata-rata 492 mm, dan yang paling rendah Sept, rata-rata 23 mm.

Sungai Comal menjadi sungai utama di tempat aliran sungai (DAS) Comal seluas 81.435,58 Ha yang secara administratif mencakup  tiga kawasan yakni Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pekalongan.. Hulu sungai ini berada di perbatasan Desa Batursari dengan Desa Penakir di Kecamatan Pulosari dan bermuara di Laut Jawa.

Anak Sungai Comal yang lumayan besar di antaranya adalah:

Penduduk di sepanjang Sungai Comal memanfaatkan untuk sumberdaya pertanian dan perikanan baik secara tradisional dengan langkah memancing atau menjala. Dibagian muara sungai ini cukup lebar pun dapat dilayari perahu kecil para nelayan. Besarnya debit air Sungai Comal juga dimanfaatkan untuk pengairan/ irigasi melalui beberapa pintu air atau tahan seperti Tahan Mejagong dan Tahan Sukowati. Kawasan hulu alur Sungai Comal juga dimanfaatkan sebagai rekreasi air arung jeram/rafting.

Koordinat: 6°46′36″S109°31′18″E / 6.7767°S 109.5217°E / -6.7767; 109.5217

Sungai Comal berlokasi di Jawa

Baca Juga  Kali Logawa

Leave a Reply

Your email address will not be published.