Sungai Jali

Posted on

Sungai Jali adalah sungai yang berlokasi di kawasan Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang bermuara ke Samudera Hindia. Sungai Jali mempunyai panjang sungai sekitar 68,9 kilometer mengalir dari utara ke selatan. Sungai Jali berhulu di leteng baratdaya Gunung Sumbing yang masuk kawasan administrasi Desa Karangduwur, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo dan bermuara ke Samudera Hindia dket Pantai Keburuhan di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol, Kabupaten Purworejo.

Sungai Jali dibagian hulu melintasi kawasan Kecamatan Kalikajar, Kecamatan Sapuran, Kecamatan Kepil dan Kecamatan Kalibawang di Kabupaten Wonosobo. Kemudian melewati  Kecamatan Bruno, Kecamatan Gebang, Kecamatan Kemiri, Kecamatan Bayan, Kecamatan Kutoarjo, Kecamatan Grabag dan Kecamatan Ngombol di Kabupaten Purworejo. Sungai Jali tergolong dalam Tempat Aliran Sungai (DAS) Cokroyasan yang mempunyai luas keseluruhan DAS sebanyak 405.500 kilometer2. Adapun Sub-DAS Sungai Jali memenuhi 127.532 kilometer2 dari sempurna luas DAS Cokroyasan. Kawasan hulu Sungai Jali merupakan dataran tinggi dengan kontur terjal sedangkan di sebelah tengah berupa perbukitan bergelombang serta dataran rendah area pantai yang berlokasi pada elevasi kurang dari 1,0 m dpl di sebelah hilir sungai. Sungai Jali mempunyai beberapa anak sungai yang lumayan besar, diantaranya:

Penduduk di sepanjang Sungai Jali memanfaatkan untuk sumberdaya pertanian dan perikanan baik secara tradisional dengan langkah memancing atau menjala. Dibagian muara dipakai untuk dermaga pendaratan ikan bagi nelayan pesisir selatan Kabupaten Purworejo. Selain itu juga ada sebuah benda rekreasi Pantai Pasir Puncu atau warga setempat menyebutnya Pantai Keburuhan, salah satu benda rekreasi pamungkas Kabupaten Purworejo. Besarnya debit air Sungai Jali juga dimanfaatkan untuk pengairan/ irigasi melalui beberapa pintu air atau tahan. Ada tiga tahan utama di aliran Sungai Jali yakni Tahan Watujagir di Desa Kalikaraung, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo. Lalu Tahan Bandung di Desa Bandung, Kecamatan Kutoarjo, Kabupaten Purworejo. Serta Tahan Siwatu di Desa Tunggulrejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Purworejo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.