6 Gunung di Sumatera Utara yang Bisa Jadi Tempat Berlibur Mengasyikkan

Posted on

6 Gunung di Sumatera Utara yang Bisa Jadi Tempat Berlibur Kaum Milenial

Menaiki gunung merupakan salah satu kegiatan yang dialami banyak anak muda. Selain untuk menikmati anggunnya kekayaan alam dan pemandangan dari puncak gunung, menaiki gunung juga memberikan banyak pengalaman yang melatih mental.

Tidak keok dari tempat lainnya di Indonesia, provinsi Sumatera Utara juga memiliki mendaftar gunung yang anggun, dan favorit pendaki di Sumut. Apa saja? Yuk amati mendaftar gunung di sumatera utara berikut ini.

1. Gunung Sibayak

Warga Sumut pasti sudah tidak asing dengan gunung yang satu ini, Gunung Sibayak. Gunung ini terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara yang memiliki ketinggian 2094 mdpl.

Orang suku Karo menyebut gunung itu dengan sebutuan “gunung Raja”.

Gunung Sibayak adalah tergolong gunung berapi aktif dan meletus terakhir tahun 1881.

Berada sekitar 50 kilometer dari barat kekuatan Kota Medan, tidak gunung ini banyak diciptakan pilihan untuk memenuhi waktu libur, ditambah jalan masuk pendakiannya yang mudah.

Setiap 17 Agustus di Gunung Sibayak diadakan upacara rutin di puncak gunung, serta lomba panjat pinang bagi semua pencinta alam dari berbagai wilayah.

2. Gunung Sibuaten

Gunung Sibuaten atau Deleng Sibuaten dalam Bahasa Karonya adalah gunung di sumatera utara paling tinggi yang terletak tidak jauh dari Danau Toba dan masih berada pada susunan Pegunungan Bukit Barisan.

6 Gunung di Sumatera Utara yang Bisa Jadi Tempat Berlibur Kaum Milenial

Gunung Sibuaten berlokasi di perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Dairi dengan mempunyai ketinggian 2.457 mdpl.

Untuk sampai puncak gunung ini pendaki membutuhkan waktu kurang-lebih 7-9 jam.

Sementara medan dakiannya sendiri termasuk lembab dan lincin menciptakannya minim susah untuk didaki, terkhusus pada musim hujan.

3. Gunung Sorik Marapi

Tidak perlu jauh-jauh ke Lombok untuk menikmati pemandangan kawah biru di Gunung Rinjani, karena Sumut juga mempunyai gunung Sorik Marapi yang tidak kalah anggun.

Baca Juga  Gunung dan Pura Luhur Batukaru

Gunung Sorik Marapi yang terletak di kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Marapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Sorik Marapi layak  menjadi destinasi pecinta wisata menantang atau pendaki.

Dengan ketinggian 2.145 mdpl, gunung ini menawarkan pemandangan kawah biru nan luar biasa serta alam dan pemukiman di kaki gunung yang bisa dialami pendaki.

Disepanjang perjalanan, semak belukar adalah hal yang pasti ditemukan oleh pendaki. Belum lagi, medannya yang terbilang cukup ekstrem, maka dari itu dari itu hanya beberapa pendaki yang tertarik menaklukkannya.

4. Gunung Pusuk Buhit

Pusuk Buhit atau dalam bahasa Batak berarti puncak bukit, adalah salah gunung di Sumut juga.

Dalam mitologi suku Batak, puncak gunung itu menjadi tempat kelahiran Suku Batak. Pusuk buhit merupakan salah satu gunung berapi yang terdapat di Sumatra Utara.

Gunung ini memiliki ketinggian 1972 mdpl yang mencakup  beberapa desa di Kecamatan Sianjur Mula-mula dan Kecamatan Pangururan. Kabupaten Samosir

5. Gunung Sipiso-piso

Saat mendengar nama Sipiso-piso, sahabat pasti langsung mengingat air terjun yang terletak di sekitaran Danau Toba. Namun, apa Sobat pernah tahu bahwa di sana juga terdapat sebuah gunung yang terletak tidak jauh dari air terjun.

Gunung Sipiso-Piso berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara, yang memiliki ketinggian 1900 mdpl.

Gunung ini memiliki keunikan sendiri, karena pohon hanya tumbuh di sebelah puncaknya saja. Tidak keheranan jika gunung ini disebut dengan Bukit Gundul.

Pendakian di gunung Sipiso-piso ini terbilang mudah dan tidak membutuhkan tenaga yang banyak. Sobat pun bisa mencapai puncak dengan sepeda motor.

Lokasi gunung Sipiso-piso biasanya kerap dikunjungi saat hari libur. Bagi Sobat yang ingin menikmati pemandangan danau dan pepohonan hijau sekaligus, bisa mendatangi lokasi ini.

Baca Juga  puncak gunung tertinggi di himalaya

6. Gunung Sibual-buali

Gunung Sibual-buali berlokasi di Sipirok, Tapanuli Selatan yang memiliki ketinggian sekitar 1861 mdpl.

Untuk sampai lokasi gunung ini, Sobat semestinya melakukan perjalanan lebih kurang 20 jam dari Medan menuju Sipirok, yang dilanjutkan perjalanan 2 jam menuju Sibual-buali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.