Gunung dan Pura Luhur Batukaru

Posted on

Pura Luhur Batukaru

Gunung Batukaru – Gunung Batukaru merupakan gunung paling tinggi kedua di pulau Bali sesudah Gunung Agung dengan tinggi 2.276 meter di atas permukaan laut. Gunung ini  adalah gunung berkobar yang enggak aktif, berlokasi di Kec. Penebel, Kab. Tabanan, Bali, Indonesia.

Puncak-puncak gunung yang berlokasi di Bali, nyaris seluruh disakralkan dan menjadi sasaran persembahyangan umat Hindu, tergolong pula di puncak Gunung Batukaru, di puncak gunung Batukaru ada semacem pura bernama Pura Pucak Kedaton. Adapun di lereng selatan Gunung Batukaru ada Pura Luhur Batukaru yang udah terdapat semenjak zaman ke-11 Masehi.

Ada juga Pura Luhur Batukaru di komponen selatan lereng gunung di tinggi 1300 meter dan mash dipenuhi oleh hutan. Pura ini adalah satu diantara dari pura utama di Bali yang dipanggil dengan pura “Sad-Kahyangan”. Dalih posisinya yang tidak mudah dijangkau, pura ini langka didatangi pelancong, akan tetapi tempat-tempat di bawahnya menjadi lokasi yang benar-benar khas.

Berlandaskan legenda Pura ini didirikan oleh masyarakat Hindu Sage Kuturan yang masuk ke Bali di zaman ke 11. Ada sejumlah arca di sebuah pemandian. Di tahun 1604 pura ini diserang dan dibinasakan oleh Raja Buleleng, akan tetapi Raja dan tentara Buleleng lari tunggang langgang sebab diserang oleh jutaan lebah yang dikirim oleh para Batara yang memelihara Pura ini.

Baca Juga  GUNUNG PRAU: Tiket & 5 Jalur Pendakian Februari 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.