Ini Imbauan BMKG Terkait Gempa Yogyakarta

Posted on

Gempa Yogyakarta

Gempa terkini hari ini, Jumat (6/5/2022) mengguncang daerah Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, serta guncangan tektonik ini berlangsung jam 14.23 WIB.

Hasil penelusuran guncangan gempa terkini di Yogyakarta yang dijalankan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membuktikan bahwa guncangan ini berkekuatan atau memiliki magnitudo sebesar 3,5.

Kepala Koordinator Bagian Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengemukakan, episenter berlokasi di koordinat 7.87 derajat LS dan 110.13 derajat BT, atau pasnya terletak di darat pada jarak 7 kilometer arah barat kekuatan Kulonprogo dengan kedalaman 10 km.

“Dengan mengamati posisi episenter dan kedalaman hiposenternya, guncangan yang berlangsung adalah ragam gempa dangkal sebab aktivitas sesar aktif,” ucap Daryono pada saat dihubungi Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Imbas gempa yang ditunjukkan oleh peta tingkat gempa BMKG dan menurut laporan dari masyarakat, membuktikan guncangan hari ini di Yogyakarta dirasakan masyarakat di daerah Kulon Progo dan Gunungkidul dengan skala Intensitas II-III MMI, atau vibrasi dirasakan oleh sejumlah orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Getaran dirasakan nyata di rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” papar Daryono.

Sedangkan sampai pada saat ini belom terdapat laporan berkaitan kehancuran bangunan sebagai imbas gempa bumi itu.

Tentang aktivitas guncangan susulan atau aftershock, BMKG menulis sampai jam 14.50 WIB belom membuktikan terdapatnya guncangan susulan.

Secara terpisah, Kepala Stasiun Geofisika Sleman Ikhsan menekankan bahwa guncangan bumi ini tak berpotensi tsunami.

“Pastikan keterangan resmi cuma berasal dari BMKG yang disebarkan melewati kanal komunikasi resmi yang sudah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), situs (http://www.bmkg.go.id/ atau inatews.bmkg.go.id).), atau melewati Mobile Apps (IOS dan Hp): wrs-bmkg atau infobmkg,” pungkas Ikhsan.

Tentang kegiatan guncangan Yogyakarta hari ini, masyarakat diimbau biar tetep tenang dan enggak termakan oleh gosip yang tak dpet dipertanggungjawabkan kesahihannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.