Gunung Kaba

Posted on

Gunung Kaba

Gunung Kaba – Gunung Kaba ialah gunung berapi aktif yang berlokasi di Kab. Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Dari Kota Curup, gunung ini berada di bagian tenggara dengan jarak kira-kira 15 kilometer.

Awalnya, Posisi disekitar Gunung Kabupaten adalah satu diantara cagar alam buat penjagaan bunga Rafflesia. Tetapi, saat ini situasi tempat rekreasi ini mulai tak dapet dipercaya seperti mana tujuan awal diciptakan, yakni buat taman lindung untuk sejumlah flora Sumatra, dengan status wilayah menjadi taman rekreasi alam.

Di tahun 1999 TWA Bukit Kabupaten menjadi wilayah IBA (Importan Bird Area) Urgent untuk burung.

Gunung dengan tinggi 1.938 mdpl ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis. Puncak Gunung ini dihiasi dengan dua buah kawah yang masing-masing memiliki warna hijau dan putih kecoklatan. Ada dua buah alur yang dapet dicapai buat meraih puncak. Alur pertama menyuguhkan pemandangan hutan lebat yang penuh semak belukar dengan lembah di kanan-kirinya, adapun alur yang laen udah dikeraskan dengan memakai aspal. Masa tempuh dari markas pendakian menuju puncak ialah 2-3 jam perjalanan.

Markas kawal Pendakian dikelola oleh Pokdarwis (KelompoK Sadar Rekreasi) Bukit kabupaten yang adalah organisasi yang berdiri semenjak tahun 2000 yang di kelola oleh warga desa Sumber Urib bekerjasama dengan BKSDA Bengkulu sebagai pemangku wilayah TWA.

Baca Juga  Gunung dan Pura Luhur Batukaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.